Cara Daftar Kurir / Driver Lalamove 2021

Lalamove merupakan layanan pengiriman barang yang menghubungkan kurir / driver dan pengirim barang. Adapun armada pengirimannya berupa motor dan mobil. Jika kalian memiliki motor / mobil dan ingin mendaftar jadi kurir Lalamove, kirim lamaran selagi masih ada kuota.

Adapun status driver atau kurir di Lalamove adalah mitra, bukan karyawan. Ini seperti di ojek online, mitra tidak mendapatkan gaji pokok. Adapun penghasilannya ditentukan berdasarkan jumlah kiriman dan ongkos kirim. Jika memenuhi target tertentu driver berhak mendapatkan komisi.

Dengan sistem kerja kemitraan, kalian tidak harus menjalankan pekerjaan ini secara penuh waktu, tapi bisa jadi sampingan. Driver diberi kebeasan untuk menentukan kapan waktu kerjanya, hari apa mau kerja, atau mau libur. Selain itu, driver juga diberi kebeasan untuk memilih orderan yang mau diambil. Seperti halnya ojol, mitra driver Lalamove bisa mencari tempat yang sekiranya banyak orderan.

Persyaratan untuk Bergabung Jadi Mitra Driver Lalamove
– Usia 18-50 tahun
– KTP pribadi
– KTP kontak darurat
– KK
– SIM
– STNK
– Rekening ponsel CIMB Niaga
– Smartphone (Android minimal versi 5.0, iPhone minimal versi 11.0)
– Sepeda motor / mobil tahun 2010 ke atas
– Bersedia pasang stiker di kendaraan (untuk driver mobil)
– Membayar deposit Rp50.000 (untuk driver motor) atau Rp100.000 (untuk driver mobil)
– Mengikuti pelatihan online dan lulus dengan nilai minimal 80

Jika memiliki lebih dari satu jenis kendaraan, maka masukkan salah satu saja, karena satu akun Lalamove hanya untuk satu kendaraan.

Deposit bisa ditarik ketika driver memutuskan untuk berhenti jadi driver Lalamove.

Cara Mendaftar Jadi Driver Lalamove

1. Kunjungi halaman registrasi driver Lalamove di https://www.lalamove.com/id/driver.

2. Masukkan nomor HP, tunggu kode verifikasi yang dikirimkan, kemudian isi data yang diperlukan.

Lengkapi pendaftaran dan ikuti training online. Jika lolos, akun harus diverifikasi dulu sebelum bisa mendapatkan orderan. Adapun untuk proses verifikasinya bisa sampai 3 hari kerja.

Berapa banyak penghasilan driver Lalamove?
Hasil yang didapat oleh driver Lalamove bergantung pada orderan yang ia dapatkan. Karena Lalamove ini masih kalah populer dengan GrabSend dan GoSend, meskipun sudah beroperasi sejak 2013, sebaiknya jangan berharap banyak dari Lalamove. Penghasilan dari Lalamove Rp300.000 – Rp400.000 per minggu sudah bagus. Tapi, kalau sebagai pekerjaan sampingan, tak ada salahnya untuk dicoba.

Layanan Lalamove ini cuma layanan pengantaran barang, bukan untuk antar penumpang layaknya Gojek dan Grab. Namun, dengan sistemnya yang kemitraan, yang mana penghasilannya ditentukan dari banyak sedikitnya orderan, maka lebih susah mendapatkan banyak uang dengan menjadi driver Lalamove, apalagi kalau semakin banyak driver yang bergabung.

Sedangkan kalau dibandingkan dengan Gojek dan Grab, Lalamove jelas kalah, karena hanya berfokus pada pengantaran barang saja. Sedangkan kalau Grab dan Gojek, ada layanan antar penumpang, pengantaran barang, hingga delivery makanan.

Jika kalian lebih memilih menjadi kurir bergaji tetap, kalian bisa mencari lowongan kerja kurir yang jangkauannya sudah skala nasional. Namun, dengan banyaknya lowongan kurir yang mensyaratkan pengalaman kerja sebagai kurir, maka tak ada salahnya untuk bergabung menjadi kurir Lalamove sebagai batu loncatan.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Lalamove tidak mengharuskan pelamar punya pengalaman bekerja sebagai kurir. Jadi, jika kalian yang belum pernah jadi kurir sebelumnya, dan punya rencana untuk bekerja sebagai kurir di layanan ekspedisi, kalian bisa bergabung dengan Lalamove untuk mencari pengalaman.

Kalian bisa bergabung ke grup Facebook yang berkaitan dengan kurir, siapa tahu ada lowongan kurir, dan bisa berdiskusi sesama kurir. Tetap semangat para kurir! Keberadaan kalian sangat membantu para seller online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *