Cara Daftar Kurir J&T Express 2021 Freelance & Tetap

Bagaimana cara mendaftar jadi kurir J&T? Berapa gajinya? Bekerja sebagai kurir J&T memungkinakn seseorang bisa menghasilkan pendapatan jutaan, hingga belasan juta rupiah per bulan. Ini karena tugasnya bukan cuma untuk mengantar paket saja, tetapi juga jemput paket.

Enaknya jadi kurir J&T itu bisa mendapatkan komisi tambahan selain dari gaji pokok. Tak heran jika penghasilan kurir J&T di atas upah minimum di daerahnya. Dengan adanya layanan jemput paket, sprinter (sebutan untuk kurir J&T) bisa mendapatkan tambahan komisi dengan menjemput paket pelanggan.

Jika kalian tertarik untuk mendaftar jadi kurir J&T, maka sebaiknya cari informasi dulu apakah J&T di daerah kalian ada lowongan kerja sebagai kurir atau tidak. J&T bukan seperti ojek online yang status ojolnya cuma mitra, tanpa gaji.

Sedangkan di J&T ada kurir tetap dan kurir freelance. Tugasnya sama, hanya saja penghasilannya berbeda. Kurir freelance dibayar per paket, tidak mendapatkan gaji bulanan. Sehingga lebih menguntungkan kalau jadi kurir tetap. Tapi, jika lowongan kerja yang tersedia adalah kurir freelance, maka tak apa. Bisa untuk latihan, lebih paham bagaimana sistem kerja J&T, dan menambah pengalaman bekerja sebagai kurir. Karena banyak lowongan kerja kurir yang persyaratannya pelamar harus punya pengalaman jadi kurir.

Siapa tahu kalau ada kurir yang memutuskan untuk resign, atau kontraknya tidak diperpanjang, kalian bisa mengajukan diri menjadi kurir tetap di J&T.

Cara Mencari Lowongan Kurir J&T
Kalian bisa berkunjung ke J&T terdekat apakah sedang memerlukan kurir atau tidak. Jika kalian punya teman yang bekerja sebagai kurir J&T, ini sangat membantu. Kalian bisa meminta tolong kepadanya agar memberi tahu kalian ketika J&T sedang ada lowongan kerja untuk kurir. Karena biasanya ketika ada lowongan kurir, kurir berbagi informasi ke sesama kurir, atau ke teman dekatnya.

Cara lainnya yaitu bisa dengan bergabung ke grup Facebook yang berhubungan dengan kurir. Banyak yang share lowongan kerja kurir di grup seperti itu. Tapi, karena cakupannya luas, maka lowongan yang diposting belum tentu sesuai dengan daerah kalian.

Maka saya lebih menyarankan cara pertama. Punya kenalan kurir, entah itu kurir J&T maupun kurir ekspedisi lain, sangat membantu bagi kalian yang ingin bekerja sebagai kurir.

Keuntungan Kurir J&T

1. Gaji pokok
Kurir J&T yang berstatus karyawan mendapatkan gaji pokok sesuai dengan upah minimum yang berlaku. Dengan adanya gaji pokok ini, kurir tak perlu khawatir kalau hanya kirim paket dalam jumlah sedikit.

2. Komisi per paket
Selain mendapatkan gaji bulanan, kurir juga mendapatkan komisi per paket yang berhasil diantarkan. Adapun komisinya bergantung kebijakan dari J&T. Tapi, dari informasi yang saya tahu, komisinya Rp1.000 per paket. Dalam sehari, jumlah paket bisa sampai di atas 50, bahkan di atas 100. Apalagi kalau di momen-momen tertentu, seperti saat ada promo marketplace, dan jelang lebaran.

Selain dari delivery paket, kurir juga mendapatkan komisi per paket yang di-pick up. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan, kurir bisa mencari seller yang berjualan untuk diajak kerjasama, menawarkan seller tersebut agar menggunakan layanan jemput paket, tidak perlu mengantarkan barang ke kantor J&T.

Bahkan bisa jumlah paket yang di-pick up lebih banyak ketimbang yang diantarkan kurir, jika kurir berhasil mendapatkan seller kakap (seller dengan banyak penjualan per hari).

Tak salah jika saya bilang kalau penghasilan kurir J&T bisa sampai belasan juta, hingga puluhan juta rupiah per bulan, karena adanya komisi per paket ini.

3. Uang bensin
Selain gaji pokok dan komisi per paket, kurir juga mendapatkan uang bensin.

Konsekuensi
Meskipun kurir J&T bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi, tapi ada target yang harus dicapai. Selain itu, kurir juga harus siap menerima hukuman jika ada kesalahan. Misal, kurir membuat laporan paket terkirim, padahal penerima belum menerima paket. Kemudian penerima paket itu komplain ke CS J&T, kurir tersebut bisa kena hukuman.

Kurir juga bisa mendapatkan sanksi jika pick up barang yang tidak boleh dikirim ke J&T. Misal, baterai baterai tidak boleh dikirim ke luar pulau kalau lewat jalur udara, tetapi kurir tetap memproses kiriman tersebut. Jika ketahuan, kurir bisa kena sanksi. Adapun sanksinya bisa berupa denda 10 kali ongkir.

Jangan coba-coba juga mengakali sistem J&T dengan membuat kiriman fiktif demi mendapatkan komisi. Kalau ketahuan, kurir bisa dikeluarkan, atau bahkan malah dibawa ke jalur hukum.

Syarat Pendaftaran
Adapun untuk persyaratan pendaftarannya, seperti syarat lowongan kerja pada umumnya. Adapun untuk tingkat pendidikannya minimal SMA / sederajat. Karena pekerjaan ini berhubungan dengan motor, maka tentu saja harus ada motor. Pelamar juga harus memiliki SIM C.

Setelah melamar dan diterima, ada tahapan interview, kemudian ada training selama 1 bulan sebelum diterjunkan menjadi kurir.

Untuk kurir freelance, persyaratannya lebih longgar. Ada surat perjanjian yang harus ditandatangani. Adapun untuk KTP tetap dipersyaratkan.

Demikian pembahasan tentang pekerjaan sebagai kurir J&T. Menjadi kurir jasa pengiriman memiliki prospek yang cerah, karena marketplace makin bertumbuh, sehingga jumlah paket kiriman makin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *