Cara Jualan COD di FB Facebook Marketplace 2021

Cara jualan COD di Facebook Marketplace tidaklah susah. Jika alamat pembeli dekat, kalian bisa langsung antarkan pesanan ke pembeli, atau janjian di suatu tempat untuk melakukan transaksi. Jika pembeli minta COD sedangkan alamatnya jauh, kalian bisa menggunakan layanan ekspedisi yang support pembayaran COD, misalnya JNE.

Ada trik agar jualan di FB marketplace ramai. Jadi, tidak sekadar posting kemudian mengharapkan ada order-an, tapi ada cara supaya jualan di marketplace Facebook lebih maksimal. Kalau dulu, yang penting rajin posting, order-an ramai. Itu dulu, waktu penjual di FB marketplace belum seramai sekarang.

Sedangkan sekarang sudah banyak penjual yang mencoba marketplace FB, sehingga tingkat persaingan lebih tinggi. Namun, bukan berarti jualan di FB marketplace tidak potensial lagi. Banyak seller yang lebih mengandalkan jualan di FB ketimbang di marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

Jualan di FB harus melayani pembayaran COD
Banyak calon pembeli di FB yang minta COD, tidak mau bayar lewat transfer. Dari pengalaman saya jualan di FB marketplace, mayoritas minta COD atau bayar di tempat. Bahkan tak jarang yang ingin ketemu langsung, tapi tidak jadi karena lokasinya jauh.

Sebenarnya kalian tidak harus melayani COD kalau berjualan di FB. Namun, dengan banyaknya pembeli di FB yang mintanya COD, tentu sayang untuk dilewatkan.

Bagamana cara melayani pembeli yang minta COD?
Istilah COD yang dipahami oleh sebagian pengguna FB itu tidak sama dengan COD di marketplace. Banyak yang beranggapan kalau COD berarti ketemuan kemudian melakukan transaksi. Sedangkan COD yang di-support oleh layanan pengiriman barang itu seperti pengiriman barang pada umumnya, hanya saja ketika barang datang, pembeli melakukan pembayaran kepada kurir, sesuai dengan nominal COD yang tercantum di paket.

Biasanya pembeli melakukan lokasi dulu. Ada pembeli yang mencari penjual yang lokasinya dekat, satu daerah dengan mereka, ada juga yang tak masalah kalau beda daerah. Kasih tahu kepada pembeli kalau barang bisa dikirim, bisa bayar di tempat. Jangan samakan jualan di FB marketplace dengan jualan di Shopee. Kalau di FB marketplace, tingkat konversinya kecil. Banyak yang cuma tanya-tanya, tapi tidak jadi beli.

Selain itu, banyak pengguna FB yang masih belum paham cara belanja di aplikasi marketplace. Jadi, kalau ada pembeli yang minta COD, tidak usah diarahkan ke Shopee. Kalaupun ternyata pengguna FB tersebut paham cara belanja di Shopee, ada kemungkinan pembeli tersebut melirik ke toko lain yang menawarkan harga lebih murah.

Cara Memproses Orderan COD dari FB Marketplace
Ada berbagai layanan untuk memproses orderan COD. Tersedia juga pilihan jasa kirim, seperti JNE, SiCepat, Ninja Xpress, dan sebagainya.

Selain itu, kalian juga bisa daftar menjadi member layanan ekspedisi untuk bisa memproses pesanan COD. Misal, kalau kalian mau menggunakan layanan COD Pos Indonesia sebagai pengirim, kalian bisa mendaftar menjadi member QPOSin aja.

Untuk ekspedisi lain, misalnya JNE, kalian juga bisa daftar layanan COD JNE. Tapi, saya sarankan untuk menggunakan layanan dari pihak ketiga yang support beberapa jasa pengiriman dan pencairannya cepat.

Saya sudah mengumpulkan setidaknya ada tiga layanan untuk memproses orderan COD yang pencairannya cepat, yaitu TokoTalk, KiriminAja, dan Mengantar. Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi website resmi tiap-tiap layanan tersebut. Silakan pilih yang kira-kira cocok dengan kalian.

Cara Listing Barang di Facebook Marketplace
Sebelum listing produk di FB marketplace, pastikan akun Facebook kalian sudah ada fitur marketplace. Untuk akun baru, biasanya tidak langsung muncul. Untuk memunculkannya, kalian bisa aktif ke grup jual beli.

Jika sudah ada fitur FB marketplace di akun FB kalian, kalian bisa mulai posting. Namun, agar bisa posting, akun FB harus sudah diverifikasi dengan menggunakan nomor HP. Jika belum, maka akan muncul tampilan bahwa pengguna harus verifikasi akun mereka sebelum bisa posting ke FB marketplace.

Fitur marketplace Facebook bisa diakses melalui web browser maupun aplikasi resmi FB, baik yang standar maupun yang lite.

1. Masuk ke FB marketplace, kemudian klik + Jual Barang atau + Create New Listing (untuk akun FB dengan tampilan bahasa Inggris).

2. Ada empat pilihan jenis penawaran. Untuk menjual barang selain kendaraan, silakan pilih Barang Dijual.

3. Isi formulir yang disediakan.

4. Untuk pengisian judul produknya, masukkan kata kunci yang berkaitan dengan produk agar calon pembeli lebih mudah menemukan penawaran kalian. Untuk bagian deskripsi, sebaiknya yang singkat tetapi jelas. Tidak perlu panjang-panjang, yang penting disebutkan sepsifikasi produk yang kalian jual.

Lagipula meskipun di deskripsi sudah disebutkan lengap pun calon pembeli masih tetap bertanya yang jawabannya padahal sudah ada di deskripsi.

5. Untuk lokasi bisa dimasukkan sesuai dengan lokasi kalian. Tapi, di FB marketplace untuk bagian lokasi tidak harus sesuai dengan lokasi penjual.

Setelah dipublikasikan, postingan langsung aktif jika tidak melanggar peraturan FB marketplace. Jika ada pelanggaran, maka akan muncul peringatan.

Bagaimana jika paket COD ditolak pembeli?
Meskipun sistem COD itu menguntungkan, tetapi ada risiko yang harus dihadapi bagi penjual. Salah satu risiko menerima pembayaran COD adalah ada kemungkinan paket COD gagal dikirimkan. Bisa jadi karena pembeli menolak paket tersebut, bisa jadi karena kurir susah menemukan alamat pembeli, dan pembeli tidak bisa dihubungi.

Jika paket COD gagal dikirimkan, maka akan dikembalikan ke pengirim. Ada layanan ekspedisi yang menerapkan biaya retur, ada juga yang tidak. Namun, untuk ongkir di awal biasanya tetap kena. Jadi, jika paket COD ditolak, pengirim rugi ongkir.

Demikian pembahasan tentang cara jualan di Facebook Marketplace dengan sistem COD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *