Cara Jualan di Blibli tanpa NPWP

Bagaimana cara daftar di Blibli sebagai penjual kalau tidak punya NPWP? Banyak penjual yang memilih marketplace mainstream seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Padahal selain keempat layanan tersebut, masih banyak layanan e-commerce yang layak dicoba, salah satunya adalah Blibli.

Blibli menerima kerjasama bagi pemilik toko online untuk menawarkan barang dagangannya di situ. Masih banyak seller yang belum berjualan di Blibli. Padahal, berdasarkan data yang ada di situs iprice.co.id, Blibli masuk ke dalam 5 besar sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Sedangkan e-commerce yang masuk ke dalam empat besar yaitu e-commerce yang saya sebutkan di paragraf pertama.

Meskipun jumlah pengunjungnya tak sebanyak Shopee dan Tokopedia, performa toko bisa jadi lebih bagus di Blibli ketimbang di kedua marketplace tersebut. Alasannya adalah, tingkat persaingan toko belum sekeras di Shopee maupun Tokopedia. Bahkan seller masih bisa bersaing meskipun memasang harga yang lebih mahal, sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Namun, kendalanya adalah NPWP. Banyak seller yang tidak berjualan di Blibli karena tidak memiliki NPWP. Seperti diketahui, untuk berjualan di Shopee, Lazada, Bukalapak, maupun Tokopedia, tidak ada keharusan seller untuk mengisi NPWP.

Karena alasan NPWP inilah saya mengurungkan niat untuk berjualan di Blibli. Tapi, suatu hari saya dihubungi oleh pihak Blibli agar posting barang dagangan saya di e-commerce tersebut. Ternyata syarat NPWP tak lagi diwajibkan. NPWP hanya diwajibkan jika pendaftar adalah dari perusahaan. Untuk pemilik brand / UMKM juga tidak diwajibkan mengisi NPWP di Blibli.

Cara Jualan di Blibli
Buat kalian yang tertarik untuk berjualan di Blibli, silakan isi formulir pendaftarannya terlebih dahulu.

1. Kunjungi https://seller.blibli.com/register untuk menuju ke halaman registrasi untuk penjual.
2. Isi formulir dengan data yang benar, mencakup email, kata sandi, nomor HP, dan nama toko.
3. Isi kode referal jika ada. Jika tidak punya, bisa dikosongkan.
4. Baca syarat dan ketentuan. Kalau setuju, klik kotak di samping teks “Saya menyetujui Syarat & Ketentuan” untuk memberi tanda centang.
5. Klik Daftar.

Verifikasi pendaftaran, lalu ikuti perintah yang diberikan.

Sebelum toko dinyatakan aktif, Pendaftaran toko di Blibl harus melalui proses validasi dan persetujuan. Adapun untuk lama prosesnya bergantung pada tipe seller. Untuk perusahaan, prosesnya 1 hari. Sedangkan untuk perorangan, pemilik brand individual, dan UMKM prosesnya 3-5 hari.

Di Blibli, ada toko biasa, dan ada juga official store. Untuk mengajukan diri menjadi official store, syaratnya harus pemilik brand, reseller resmi, atau retailer. Official store di Blibli memiliki berbagai kelebihan ketimbang toko biasa.

Biaya Layanan
Seperti halnya e-commerce lainnya, berjualan di Blibli juga dikenakan biaya layanan. Adapun biaya layanannya adalah 2-8% bergantung pada kategori produk yang dijual.

Pembayaran
Blibli memiliki jadwal pencairan sendiri. Jadi, seller tidak bisa dengan leluasa menarik saldo seperti halnya di Shopee, Tokopedia, maupun Bukalapak. Jika seller menggunakan rekening BCA, pencairannya bisa beberapa kali dalam 1 minggu. Tapi jika seller menggunakan rekening selain BCA, pencairan hanya sekali seminggu. Selain itu, seller dikenakan biaya transfer bank jika tidak menggunakan rekening BCA.

Subsidi Ongkir
Salah satu keuntungan berjualan di Blibli adalah subsidi ongkir yang diberikan Blibli hingga Rp50.000 jika total transaksi mencapai Rp250.000. Untuk total transaksi senilai Rp100.000, subsidi ongkir yang diberikan Blibli adalah Rp30.000. Sedangkan minimal transaksi untuk mendapatkan subsidi ongkir dari Blibli adalah Rp50.000, dengan nilai subsidi Rp20.000.

Adanya subsidi ongkir ini menguntungkan penjual dan pembeli.

Apakah Blibli support dropshipper?
Hingga tulisan ini dibuat, Blibli tidak memperbolehkan seller yang berjualan secara dropship.

Setelah membaca poin-poin tersebut, apakah kalian berminat untuk berjualan di Blibli? Atau lebih merekomedasikan layanan e-commerce lain? Silakan pahami baik-baik syarat dan ketentuan berjualan di Blibli. Pertimbangkan juga biaya layanannya. Jangan sampai keuntungan dari barang yang kalian jual di Blibli habis untuk bayar biaya layanan saja, atau bahkan malah rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *