Cara Mencari Lowongan Kerja Penulis Lepas Online

Banyak orang mendapatkan uang dari hobi menulis. Contoh yang umum adalah para penulis buku. Namun, di sini saya bukan mau membahas cara mendapatkan uang dari menulis buku, melainkan pekerjaan membuat tulisan untuk konten website.

Sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan website untuk mempromosikan produk maupun layanan mereka. Salah satu caranya adalah dengan mempublikasikan tulisan-tulisan yang dicari banyak orang, misalnya konten tutorial. Adapun konten yang dibahas tak selalu berkaitan dengan produk atau layanan perusahaan tersebut. Misalnya, situs dari perusahaan properti tapi malah bahas kosmetik.

Untuk keperluan publikasi tulisan di web, banyak perusahaan yang membayar jasa penulis konten. Bukan cuma perusahaan, tetapi individu yang punya website tetapi tidak mau repot-repot bikin tulisan, juga banyak yang menggunakan jasa penulis.

Dengan begitu, pekerjaan menjadi penulis konten (content writer) bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Adapun bayaran per tulisan bervariasi, bergantung pada kesepakatan dengan penyewa jasa. Untuk skala perusahaan, biasanya berani membayar besar. Satu tulisan bisa dihargai sampai Rp50.000. Sedangkan untuk skala individu, Rp10.000 per artikel, bergantung jumlah kata dan kesepakatan.

Cara Mencari Lowongan Kerja Penulis Online

1. Mencari di situs lowongan kerja
Banyak situs loker online yang bisa kalian manfaatkan untuk mencari iklan loker penulis. Di situs loker ada berbagai macam iklan loker, termasuk lowongan penulis. Perhatikan syarat dan kualifikasi dari pengiklan. Ada pengiklan yang mensyaratkan tingkat pendidikan minimal D3, ada juga yang minimal SMA juga diperbolehkan.

Selain itu, karena untuk penetingan konten website, biasanya penulis dipersyaratkan harus memamahi SEO.

Misal, lowongan kerja penulis dari PT. Rayindo Toropma Abadi yang bisa diakses di https://www.jobs.id/lowongan/MzEzNTYx/content-writer-jurnalis-rayindo-toropma-abadi-pt, salah satu kemampuan yang dipersyaratkan adalah harus bisa riset kata kunci. Jadi, tidak asal bikin tulisan, tetapi harus riset dulu topik artikel yang mau dibahas kira-kira banyak yang mencari atau tidak, dan melihat bagaimana tingkat persaingannya.

Adapun beberapa contoh website lowongan kerja Indonesia yaitu karir.com, jobs.id, dan jobstreet.co.id.

Namun, karena website itu adalah media perantara pencari kerja dan pelamar kerja, maka kalian pun harus bersaing dengan para pelamar lainnya, sehingga tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan melalui website tersebut. Namun, tak ada salahnya mencoba dan bersikap optimis.

2. Mencari di situs freelance
Situs freelance sebenarnya ada persamaan konsep dengan situs lowongan kerja, hanya saja lebih spesifik untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu. Selain itu, situs freelance bukan hanya sekedar penghubung antara pencari kerja dengan pencari pekerja, tetapi juga sebagai penengah dalam hal pembayaran.

Jadi, pencari pekerjaan membayar sejumlah uang kepada pihak situs freelance, sesuai dengan kesepakatan harga jasa dengan pekerja. Kemudian pekerja baru dibayar oleh pihak situs freelance setelah pekerjaan selesai, dengan pemotongan dalam jumlah tertentu sebagai keuntungan penyedia situs freelance. Kurang lebih konsepnya sama seperti marketplace. Hanya saja yang dijadikan jual beli di situs freelance adalah jasa.

Contoh situs freelance dari Indonesia yaitu sribulancer.com dan projects.co.id. Untuk situs luar, contohnya freelancer.com, peoplehour.com, dan upwork.com.

3. Mencari di situs layanan content writer
Banyak website yang menyediakan layanan penulisan konten. Dengan banyaknya klien, pemilik situs pun tak mungkin meng-handle semuanya sendirian, tapi diperlukan tim. Untuk mencari website seperti ini, kalian bisa mencarinya dengan kata kunci “jasa penulis online”, atau yang sejenisnya. Dengan bergabung menjadi tim penulis di layanan tersebut, kalian tak perlu repot-repot mencari klien. Silakan cari website jasa penulis yang masih memerlukan penulis. Tugas kalian hanyalah menyelesaikan proyek dari klien website tersebut.

Membuka Usaha Jasa Penulis Artikel
Alih-alih mencari lowongan penulis, kalian juga bisa menawarkan jasa penulis artikel. Namun, karena kalian yang punya usaha, kalian harus aktif mencari klien. Jika kalian berminat untuk membuka jasa penulis artikel, kalian bisa coba berpromosi di forum ads.id, karena banyak anggota yang memiliki website. Ada banyak penulis yang menawarkan jasanya lewat forum tersebut.

Untuk awal-awal, kalian bisa tawarkan tarif yang kompetitif, jangan terlalu mahal. Apalagi kalau orang belum tahu reputasi kalian.

Misal, kalian memasang tarif Rp15.000 untuk artikel 500 kata bahasa Indonesia. Jika dalam sehari kalian sanggup menyelesaikan 10 artikel, kalian bisa mendapatkan penghasilan Rp150.000. Lumayan bukan?

Tips Menjadi Penulis Konten Website

1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
Usahakan tidak menggunakan singkatan-singkatan seperti saat berkirim pesan. Menulis itu seperti kita berbicara kepada pembaca, tapi lewat tulisan.

2. Menggunakan sumber terpercaya
Dalam membuat artikel, seringkali penulis memerlukan referensi dari website lain. Dalam mencari referensi, usahakan sumber website-nya bisa dipercaya. Apalagi kalau artikel yang dibahas berkaitan dengan kesehatan.

3. Jangan copy paste
Pemilik website menyewa penulis konten untuk dibuatkan konten yang unik dan original. Kalau cuma modal copy paste, buat apa jadi penulis konten? Jadi, jika kalian berminat jadi penulis konten, jangan melakukan copy paste, baik keseluruhan maupun sebagian.

4. Buat tulisan sesuai kemampuan
Jika kalian mau mengerjakan proyek penulisan konten, perhatikan tema dan kriteria konten yang diminta klien. Jika sekiranya kalian tidak sanggup membuat artikel sesuai dengan tema pembahasan yang diterima klien, kalian bisa menolaknya.

5. Tidak bertele-tele
Penyewa jasa penulis seringkali mensyaratkan jumlah kata. Namun, dalam membuat artikel terkadang bingung apa yang mau ditulis lagi, sedangkan belum memenuhi jumlah kata yang ditargetkan. Jika terjadi hal seperti ini, jangan membuat artikel jadi panjang dengan memasukkan kata-kata tidak penting. Jangan bikin artikel yang bertele-tele. Coba gali lagi, barangkali artikel yang kalian buat bisa dikembangkan lagi.

Itulah beberapa tips menjadi penulis konten website sebagai pekerja lepas. Tapi kalau untuk menjadi penulis website sendiri, mau pakai bahasa gaul, bahasa daerah sekalipun, terserah.

Berminat untuk menjadi penulis artikel online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *