Cara Mengatasi Saldo Penjual di Shopee Minus, tidak Masuk, tidak Sesuai

Bagaimana cara mengatasi saldo penjualan di Shopee minus sehingga tidak sesuai dengan nominal penjualan? Bagaimana kalau dana penjualan belum juga masuk ke saldo penjual sehingga tidak bisa ditarik ke rekening bank?  Kenapa ongkir yang ditagih Shopee lebih mahal ketimbang ongkir yang dibayar pembeli?

Dari pengalaman saya jualan di Shopee, banyak pahit manis yang sudah saya lalui. Permasalahan yang dulu kerap terjadi adalah adanya selisih ongkir, yang mengakibatkan pengurangan saldo penjualan saya. Misal, di sistem Shopee tertera ongkir yang harus dibayar penjual adalah Rp10.000.

Tetapi, ternyata di ekspedisi kena ongkir Rp15.000. Pihak ekspedisi menagih ke Shopee Rp15.000, sedangkan ongkir yang dibayar pembeli Rp10.000. Dari sini berarti ongkirnya kurang Rp5.000. Kekurangan ini diambil dari saldo penjualan. Misal, saldo penjualan yang harusnya Rp100.000 jadi Rp95.000, karena untuk mengganti kekurangan ongkir.

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Ternyata karena adanya perbedaan alamat toko dan alamat tempat paket tersebut diproses. Waktu itu, belum ada J&T terdekat dengan tempat tinggal saya. Meskipun sebenarnya, kurirnya sudah menjangkau wilayah saya. Nah, paket saya diproses di beda kabupaten, sehingga terjadi perbedaan ongkir.

Pengalaman Saldo Penjualan Minus di Shopee
Saldo minus juga pernah saya alami. Bagaimana bisa saldo penjualan kok minus? Gimana bisa ditarik, lha itu sama saja kan saya punya hutang ke Shopee. Ternyata, penyebabnya adalah karena fitur ongkir ditanggung penjual ternyata aktif. Padahal seingat saya, saya tidak mengubah settingan tersebut.

Saya dapat pembeli dari luar Jawa, ongkirnya mahal, tapi saya yang tanggung, gara-gara settingan tersebut. Karena harga barang yang dipesan lebih rendah ketimbang ongkir, sedangkan ongkir ditanggung penjual, maka saldo penjualan pun minus.

Lalu bagaimana cara mengatasi saldo minus ini?
Kalau kalian mendapati di halaman produk yang kalian jual, settingan ongkir ditanggung penjual ternyata aktif, maka segera nonaktifkan. Pilih yang pilihan ongkir ditanggung pembeli.

Jika sudah terlanjur ada yang pesan, dan kalau dihitung-hitung ongkir dengan harga barangnya lebih mahal ongkirnya, berarti saldo penjualannya bakal minus. Sebelum paket sampai, minta agar pembeli membatalkan pesanan tersebut. Lebih mudah lagi kalau pembayarannya COD, minta agar pembeli tidak usah membayar paket tersebut, dan kasih penjelasan yang masuk akal kepada pembeli.

Saya pernah meminta penjual agar membatalkan pesanannya, karena kalau diteruskan, saya bakalan rugi. Sedangkan kalau paket dikembalikan, saya tidak perlu menanggung ongkir.

Cara Mengatasi Saldo Penjualan tidak Masuk
Saldo penjualan akan masuk ke akun penjual dalam waktu 1×24 jam setelah penjual mengklik Pesanan Diterima di akun Shopee miliknya, atau masa garansi Shopee telah habis. Jika setelah batas waktu tersebut, saldo penjualan belum juga masuk, kalian bisa hubungi CS Shopee di nomor 1500702, atau melalui chat di aplikasi Shopee.

Cara Mengatasi Saldo Penjualan tidak Sesuai
Berjualan di Shopee memang tidak dikenakan biaya untuk membuka toko. Namun, ada biaya layanan dan biaya admin yang perlu diperhatikan. Biaya-biaya ini dipotong dari saldo penjualan, sehingga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai keuntungan dari jualan di Shopee cuma untuk bayar biaya admin dan biaya layanan Shopee.

Di saldo penjualan terdapat rincian-rincian, seperti biaya layanan, biaya admin, ongkir yang dibayar penjual, ongkir yang ditanggung Shopee (jika pembeli menggunakan voucher), dan terdapat keterangan saldo yang diteruskan ke akun penjual.

Jika ketidaksesuaian tersebut karena perbedaan penghitungan ongkir di sistem Shopee dan ekspedisi, maka kalian bisa komplain ke pihak ekspedisi yang bersangkutan, maupun ke Shopee. Ada banyak seller yang mengeluhkan hal ini, ekspedisi menagih ongkir lebih besar, kemudian Shopee mengurangi saldo penjualan untuk mengganti selisih ongkir tersebut.

Contoh kasus misalnya, penghitungan ongkir di Shopee kena 1 kg, tetapi di ekspedisi malah kena 2 kg. Nah, ini kan berarti di Shopee kena ongkir 1 kg, sedangkan pihak ekspedisi menagih ongkir ke Shopee 2 kg. Kalau tujuan pengirimannya dekat, memang masih murah. Tapi kalau beda pulau, ongkir lebih mahal, kerugian juga lebih besar.

Buat kalian yang mau curhat seputar permasalahan jualan di Shopee, atau marketplace lainnya, silakan sampaikan via kolom komentar.

2 Comments

  1. Gan kalo semisal saldo penjualan minus kemudian kita buka toko baru lagi aja gimana gan?
    Apakah saldo minus ditoko yang saya tinggalkan akan ttp ditagih hutangnya ckckckc

    1. Saldo minus kan termasuk hutang. Tetapi sepertinya tidak masuk ke tagihan macem ShopeePay Later. Tapi kalau KTP yang digunakan sama dengan akun baru, bisa saja kalau Shopee mau menagih. Kan sudah ada datanya.

      Itu minusnya karena apa? Karena kesalahan Shopee atau kesalahan sendiri? Kalo yang salah dari pihak Shopee, atau ketidaksesuaian ongkir di Shopee dengan di ekspedisi, lebih baik komplain aja kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *