Perbedaan Facebook Ads dan FB Marketplace

Facebook tak sekadar media sosial. Banyak yang memanfaatkannya untuk berjualan barang. Bahkan ada banyak grup khusus jual beli. Selain itu, fitur Facebook yang seringkali digunakan untuk jualan adalah fan page. Untuk lebih mudah menjangkau banyak orang, para pebisnis memanfaatkan Facebook Ads.

Selain itu, di Facebook juga ada fitur marketplace, yang merupakan fitur yang disediakan oleh FB bagi pengguna yang mau berjualan atau mencari barang. Lalu apa sih perbedaan Facebook ads dan FB marketplace? Lebih bagusan mana antara berpromosi dengan menggunakan iklan Facebook atau melaui marketplace di FB?

Apa itu Facebook Ads?
FB Ads merupakan layanan periklanan berbayar yang disediakan oleh Facebook. Dengan layanan ini, pengguna FB bisa membuat kampanye untuk berbagai tujuan, seperti berjualan barang dan jasa, aksi sosial, mempromosikan website, bahkan mengiklankan dirinya sendiri.

Dengan Facebook Ads, pengiklan bisa menjangkau lebih banyak pengguna secara spesifik. Pengiklan bisa menargetkan audience (pengguna FB yang melihat iklan) dari negara mana, umur, gender, hingga minat atau ketertarikan.

Misal, pemilik toko online hijab mau menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan produknya. Ia kemudian menargetkan iklannya ditayangkan ke pengguna Facebook wanita berumur 20-40 tahun di wilayah DKI Jakarta, itu bisa dilakukan dengan memasang iklan di FB. Dengan begitu, iklan lebih tergarget, ketimbang posting di grup jual beli.

Apa itu Facebook Marketplace?
FB marketplace merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook bagi pengguna yang mau menawarkan produk. Berbeda dengan FB ads yang berbayar, FB marketplace ini tidak berbayar. Adapun postingannya ini akan tampil khusus di bagian marketplace FB, bukan di fanpage maupun status.

Jika ingin menjangkau lebih banyak orang, pengguna FB bisa menggunakan FB ads untuk postingan mereka di FB marketplace. Tapi, ini bukan keharusan.

FB marketplace sangat bermanfaat untuk jualan, dan lebih tertarget. Karena orang yang menggunakan FB marketplace ada minat untuk membeli atau menjual sesuatu. Sedangkan kalau di grup FB, kan kita ditawari produk yang belum tentu kita minat.

FB marketplace juga terintegrasi dengan grup FB. Saat posting di FB marketplace, pengguna juga bisa share postingan ke grup FB yang ia gabung. Dengan begitu, pengguna bisa posting ke banyak grup FB dalam sekali tekan.

Perbedaan FB Ads dan FB Marketplace
Jadi, FB Ads merupakan layanan periklanan berbayar yang ada di Facebook, sehingga untuk menggunakannya, pengguna harus melakukan deposit terlebih dahulu. Kemudian jika saldo iklan tak lagi mencukupi, iklan pun akan terhenti.

Sedangkan FB Marketplace merupakan fitur jual beli online di FB yang bisa digunakan tanpa harus melakukan deposit, karena memang tidak berbayar.

Kedauanya adalah fitur yang bagus untuk membantu meningkatkan penjualan online. Tapi, bagi pemula tidak disarankan langsung menggunakan FB Ads. Karena beriklan di FB, apalagi iklan berbayar, sebaiknya tidak asal-asalan agar tidak merugi.

Pengiklan harus tahu trik untuk meningkatkan konversi penjualan, sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar daripada biaya iklan yang dikeluarkan.

Bagi pemula lebih cocok menggunakan Facebook Marketplace karena tanpa risiko kerugian untuk biaya iklan. Selain itu, cara pakai FB Marketplace lebih mudah ketimbang setting FB Ads.

Demikian pembahasan tentang perbandingan Facebook Ads dan FB marketplace. Jadi, keduanya bagus untuk membantu meningkatkan penjualan. Namun untuk pemula, jika mau beriklan di FB Ads, sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara efektif beriklan di FB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *